Powered By Blogger

Selasa, 23 Februari 2010

Membangun Harapan


Membagun Harapan

Di Pertigaan tahun 2008 adalah ajang pembuktikan perang dalam meraih kesuksesan yang telah aku rancang dalam tiga tahun terakhir. Aku sudah melalui berbagai kiat diantaranya belajar rutin sampai larut malam, ikut bimbingan belajar SCC Intersolusi, mengikuti tryout dari SCCI, Kagama, Widyakelana, FMIPA UGM, ISTA, GO, NEUTRON, dan berbagai bimbingan belajar lainya. Kegiatan tersebut telah aku jalani, dan hasilnya aku diterima di Fakultas Geografi UGM sewaktu tryout di ISTA dan FMIPA UGM.

Aku menyadari sudah belajar dan berlatih, tetapi greget, kepercayaan, percaya diri, keefektifan dan keefisien waktu tidak terjaga dengan baik. Pengalamanan ini terbukti pada ujian semester 5, aku menempatkan peringkat nomor 33 dari 36 siswa. Hasil ini adalah prestasi terjelek di sepanjang perjalanan pendidikanku. Di semester 5, aku kehilangan daya dobrak dan optimisme untuk mengalahkan rival di kelas 12 IPA 4. Hal itu terbukti pada hasil dua kali ulangan Matematika mendapatkan nilai 3 berturut-turut. Tidak hanya itu, semester 5 merupakan hasil terjelek karena aku tidak memanfaatkan waktu dengan baik. Sewaktu besok menghadapi ujian semester, aku menonton sinetron remaja di SCTV. Itulah pengalaman yang harus menjadi bahan refleksi untuk diriku.

Kini dua minggu lagi, aku akan menghadapi Ujian Masuk Universitas Gadjah Mada. Usaha yang aku pegang hanya mengikuti tryout di berbagai bimbel dan lembaga pendidikan, tetapi dalam hatiku persiapan tersebut belum maksimal. Masih sulit untuk menggempur Teknik Industri, Planologi, dan Kartografi Penginderaan Jarak Jauh. Aku membutuhkan kiat-kiat sebelum bertanding. Aku berharap waktu dua minggu ini adalah waktu efektif untuk mendalami motif soal dan strategi perang untuk menaklukkan UM UGM. Membangun harapan dari percaya diri, siap mental, manajemen waktu, dan pengetahuan mengenai siasat menghadapi UM UGM. Aku berharap dapat menghadapi UM UGM dengan lancar dan hasilnya aku dapat diterima masuk UGM di satu di antara ketiga pilihan tersebut. Segala pengalaman kegagalan adalah refleksi berharga bagiku untuk meraih kesuksesan yan telah aku rancang selama tiga tahun di SMA Negeri 6 Yogyakarta. Hanya ada kata sukses dan hanya ada langkah giat untuk menghadapi UM UGM, itulah pedomanku.

Start something with Scratf 30 Maret 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar